Pantai Pangandaran Tempat Ideal untuk Mengisi Liburan Akhir Pekan

Advertisement

Pantai Pangandaran adalah salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang sudah banyak dikenal. Karena mempunyai keindahan pemandangan pantainya. Sehingga menjadikan obyek wisata yang satu ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun asing.



Pantai yang terletak di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Berjarak kira-kira 92 km ke arah selatan kota Ciamis. Mempunyai dua pantai, yaitu pantai barat dan pantai timur. Kedua pantai itu dipisahkan oleh Taman Wisata Cagar Alam.

Di pantai timur di tepi pantainya daratan agak tinggi. Dibatasi tembok dan batu-batu besar penahan gelombang. Mulai dari lapangan Tapang Doyong sampai Taman Cagar Alam. Tembok ini sekaligus menjadi tempat ideal untuk melihat pemandangan laut lepas sambil duduk di bawah pohon nyiur yang berjejer di pinggir jalan.

Selain itu di Pasir Putih pantai timur, menawarkan juga pemandangan bawah laut yang menarik. Yaitu berupa hamparan terumbu karang yang ditumbuhi beragam biota laut. Di area ini sangat tepat untuk sarana pendidikan maupun penelitian.



Untuk mencapai Pasir Putih pengunjung bisa naik perahu dari pantai barat Rp10.000,-/orang antar jemput. Atau masuk lewat Taman Wisata Cagar Alam dengan membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket  di hari biasa per orang Rp15.000,- seharian, untuk hari Minggu/libur per orang Rp20.000, seharian.

Bagi yang suka kuliner di pantai timur banyak warung-warung makan dan restoran yang menawarkan aneka hidangan ikan laut segar, siap memanjakan lidah Anda. Tidak hanya makanan. Di pantai timur terdapat juga toko-toko dan kios-kios yang menjual cenderamata khas Pangandaran.

Sedangkan sebelah barat pantainya landai. Mempunyai garis pantai panjang dengan pasir halus. Sehingga banyak digemari para pengunjung untuk berenang dan bermain pasir. Jika ingin berenang lebih aman disarankan agak ke sebelah timur mendekati Taman Cagar Alam karena ombaknya kecil. Sedangkan agak ke barat ombaknya cukup besar, berbahaya.



Untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman para wisatawan dalam menikmati pantai Pangandaran. Pengelola menyiapkan regu keselamatan pantai, yaitu pasukan Balawista. Regu penjaga pantai ini selalu siap siaga dalam membantu keselamatan  pengunjung pantai.

Sebagai sarana pendukung kenyamanan para pengunjung. Para wisatawan di Pangandaran dapat melakukan aneka kegiatan seperti, berenang, snorkling, naik perahu pesiar, memancing, keliling dengan sepeda, para sailing, jet ski dan lain-lain.

Bahkan di pantai Pangandaran sering dilaksanakan event-event pariwisata bertaraf internasional. Seperti Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) yang bisa saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.


Taman Cagar Alam
Ternyata di Pangandaran tidak identik dengan wisata pantainya saja. Tetapi menawarkan wisata Taman Cagar Alam. Taman berupa hutan lindung yang masih terjaga. Cagar alam ini dibagi dalam dua kawasan. Yaitu daratan yang meliputi cagar alam seluas lebih kurang 419,30 hektar dan Taman Wisata Alam (TWA) sekitar 37,70 hektar. Adapun kawasan laut sekitar 470 hektar.

Di hutan lindung ini terdapat satwa yang dilindungi seperti  Kera (Macaca fascicularis), Lutung (Trachipytecus auratus), Landak (Hystrix bracyura), Trenggiling (Manis Javanica), Rusa (Cervus Timorensis) dan Kancil (Tragulus Javanicus).

Sedangkan untuk jenis burung, di kawasan ini anda dapat menemui burung Tulumtumpuk (Magalaema javensis), burung Kangkareng (Anthracoceros convexus), Ayam Hutan (Gallus g varius), Tando (Chynocephalus variegatus) dan juga Ular Sanca (Phyton molurus).

Di Taman Wisata Alam itu, pengunjung bisa menyusuri  sejumlah gua yang dapat disaksikan keunikannya. Diantaranya Gua Jepang yang dibuat periode Perang Dunia II (1941-1945), Gua Panggung, Gua Sumur Mudal, Gua Rengganis, Gua Lanang, dan Gua Parat atau Gua Kramat. Untuk masuk ke dalam Gua-gua tersebut dianjurkan didampingi pemandu. Di Cagar Alam Pananjung terdapat pula flora langka yang merupakan tanaman endemik, yakni bunga Rafflesia Patma.

Fasilitas yang Tersedia di Pangandaran:
1. Lapang parkir yang cukup luas,
2. Hotel, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif bervariasi,
3. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer,
4. Gedung bioskop, diskotik
5. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata,
6. Bumi perkemahan,
7. Sepeda dan ban renang sewaan,
8. Parasailing dan jetski

Tiket Masuk ke Obyek Wisata Pantai Pangandaran:
a. Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 5.800,-
b. Sepeda Motor Rp. 13.500,-
c. Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp. 34.000,-
d. Kendaraan Jenis Carry Rp. 65.000,-
e. Kendaraan Penumpang Besar/jenis L300 Rp. 93.000,-
f.  BUS Kecil/Elf Rp. 122.000,-
g. BUS Sedang Rp. 186.000,-
h. BUS Besar Rp.307.000,-

* Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk, biaya kebersihan (sampah), asuransi dan parkir.


Rute ke Pangandaran
Dari Kota Bandung ke Pangandaran dapat ditempuh melalui jalur darat sejauh 223 kilometer dengan waktu tempuh lebih kurang lima jam. Rute yang ditempuh adalah Bandung- Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Pangandaran. Jika naik bus umum bisa dari terminal Leuwipanjang langsung ke terminal Pangandaran.

Dari Jakarta melewati Bandung bisa lewat Tol Jagorawi atau Tol Cipularang. Kalau naik bus dari terminal Kampung Rambutan, terminal Pulo Gebang dan terminal Kalideres. Sedangkan kalau naik kereta bisa naik yang ke Banjar, nyambung naik bus ke Pangandaran.

Agar tidak penasaran silakan kunjungi dan siapkan koceknya. Dan selalu berhati-hati dalam perjalanan. Semoga tulisan ini bisa memberi sedikit panduan bagi yang suka jalan-jalan dalam menikmati indahnya negeri ini.

0 komentar:

Post a Comment