Karang Tawulan Anugerah Tersembunyi

Advertisement

Dari seberang pantai. Di atas batu karang burung-burung camar berputar-putar seolah bersahutan menyambut para pengunjung Taman Karang Tawulan. Yang pada waktu itu banyak didatangi wisatawan. Diiringi gemuruh ombak samudra menerjang kokohnya batu karang.

Jika Anda kebetulan sedang liburan ke Tasikmalaya bagian selatan cobalah mampir menikmati panorama obyek wisata pantai Karang Tawulan. Memang lokasi wisata ini tidak sesohor Pantai Pangandaran atau Batu Hiu. Tetapi Karang Tawulan dapat memberikan alternatif view paduan tamabatu karang dan pantainya.

zonsrumere.blogspot.com
Karang Tawulan terletak di Desa Kalapagenep, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Jarak dari kota Tasik kira-kir90 km, atau waktu tempuh sekitar 2 jamBagi yang tidak membawa kendaraan dapat menggunakan angkutan jurusan Singaparna-Cipatujah berakhir di ujung pantai Karang Tawulan. 

Untuk menuju ke objek wisata tersebut bisa menggunakan rute Tasikmalaya-Singaparna-Cipatujah. Melalui rute ini akan disuguhi panorama wisata Pantai Sindangkerta, Cipatujah, Pamayangsari dan langsung ke Karang Tawulan, Kalapagenep.

Rute lain bisa dari arah Pangandaran menuju Parigi, Cijulang menuju arah Cikalong, Tasik bagian selatan. Di jalur ini Anda akan melewati banyak tempat wisata yang sudah banyak dikenal masyarakat. Misalnya, Batu Hiu, Batu Karas, wisata sungai  Cukang Taneuh (Green Canyon), Curug Citumang, Sinjang Lawang dan lain-lain.

Karang Tawulan bisa disebut anugerah yang tersembunyi. Mengingat taman batu karang tersebut lokasinya berada di balik bukit sedikit tersembunyi dari jalan raya. Tepatnya berada dekat muara sungai. Jadi bagi traveler yang belum pernah ke obyek wisata ini harus sedikit memperlambat laju kendaraan apabila sudah sampai di Desa Kalapagenep. 

Tiket masuk cukup terjangkau, untuk sepeda motor plus orang Rp2.500,- sedangkan kendaraan roda empat Rp10.000,- plus orang.  Tidak hanya itu bagi pecinta kuliner banyak pilihan makanan siap memanjakan lidah dengan panorama alam pedesaan yang masih alami.

Di pantai Karang Tawulan Anda akan disuguhi panorama laut selatan. Tak jauh dari bibir pantai terdapat sebuah nusa disebut juga dengan nusa manuk. Sebab di nusa yang masih alami itu banyak dihuni burung-burung camar yang bersarang di tempat tersebut.

Menurut Maman (50), warga asli penduduk setempat -- sekarang sudah hijrah ke Jakarta -- dahulu ketika remaja ia sering menyeberang ke nusa tersebut untuk mengambil sarang burung walet. 


pramabergawa.blogspot.com
Jika kebetulan air laut sedang surut di taman seluas 20 hektar itu, sering dijumpai juga ikan hias dan satwa langka penyu hijau. 

Bagi para pengunjung yang akan turun ke pinggir pantai pengelola sudah membangun tangga. Sedangkan bagi yang ingin berenang disarankan untuk berenang di tempat landai terletak sebelah timur batu karang. 

Atau bisa juga dekat muara sungai sebelah timur. Apalagi  air sedang surut di muara itu banyak juga pengunjungnya. Tetapi Anda harus tetap hati-hati mengingat ombak pantai selatan cukup besar, jadi harus tetap waspada.

Menjelang sore, apabila cuaca baik di sebelah barat dari atas batu karang Anda dapat melihat panorama sinar lembayung seolah mengantarkan tenggelamnya sang surya ditelan samudra luas.

Di sekitar taman Karang Tawulan banyak juga pilihan warung makan yang menjajakan berbagai hidangan. Tentu dengan harga terjangkau dibanding di tempat wisata lain. Nah, bagi pecinta alam dan yang hobi traveling tidak ada salahnya mencoba mengunjungi Karang Tawulan. Destinasi wisata yang menawarkan suasana pemandangan pantai dan batu karang. 

Mudah-mudahan tulisan ini bisa memberikan sedikit informasi dan referensi dalam mengisi liburan Anda.


0 komentar:

Post a Comment